LAPORAN WARTAWAN TRIBUN LAMPUNG, ROMI RINANDO

BANDAR LAMPUNG, TRIBUN – Tampaknya, guru sertifikasi di Kota Bandar Lampung akan menghadapi bulan Ramadan dengan senyum. Itu karena tunjangan sertifikasi mereka diperkirakan cair pada awal Agustus 2010.

Sebanyak 3.453 guru, baik PNS maupun non-PNS, yang sudah sertifikasi dalam kurun 2006-2009 dipanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandar Lampung untuk menandatangani SK pencairan.

Menurut Pejabat Penanggung Jawab Sertifikasi Kota Bandar Lampung Ngaliman, dana tunjangan sertifikasi guru masih terkendala faktor teknis. Pasalnya, disdik masih kesulitan menghimpun seluruh tanda tangan para guru tersebut.

Untuk itu, sejak Selasa (20/7) disdik sudah mulai memanggil para guru secara bergantian untuk segera menandatangani SK pencairan sertifikasi. Jika sudah terkumpul semua, barulah dananya dimasukkan ke rekening masing-masing.

“Kita berharap tunjangan bisa cair awal Agustus. Karena SK yang dijadikan sebagai legalitas pembayarannya masih dalam proses,” ungkapnya.

Ngaliman menambahkan, tahun ini kuota sertifikasi guru honor dan PNS berjumlah 1.117 orang. Rinciannya, pendidikan dasar 784 orang dan pendidikan menengah 333 orang. Guru PNS berjumlah 949 orang, sedangkan guru honor 168 atau dengan perbandingan 85:15. Hal ini  disesuaikan dengan pedoman sertifikasi guru.(*)